Download Makalah Konsep Pertumbuhan Dan Perkembangan Siswa


A. PengertianPertumbuhan


Pertumbuhan adalah perubahan secara fisiologis sebagai hasil dari proses pematangan

fungsi-fungsi fisik yang berlangsung secara normal pada anak yang sehat pada waktu

yang normal. Pertumbuhan dapat juga diartikan sebagai proses transmisi dari konstitusi

fisik (keadaan tubuh atau keadaan jasmaniah ) yang herediter dalam bentuk proses aktif

secara berkesinambungan. Jadi, pertumbuhan berkaitan dengan perubahan kuantitatif

yang menyangkut peningkatan ukuran dan struktur biologis.

B. Pengertian Perkembangan Secara umum

Konsep perkembangan dikemukakan oleh Werner(1957) bahwa perkembangan

berjalan dengan prinsip orthogenetis, perkembangan berlangsung dari keadaan global dan

kurang berdiferensiasi sampai ke keadaan di mana diferensiasi, artikulasi, dan integrasi

meningkat secarabertahap. Proses diferensiasi diartikan sebagai prinsip totalitas pada diri

anak. Dari penghayata totalitas itu lambant laun bagian- bagiannya akan menjadi semakin

nyata dan bertambah jelas dalam kerangka keseluruhan.

C. Menurut Para Ahli


Pendapat para ahli biologi tentang arti pertumbuhan dan perkembangan pernah

dirangkumkan oleh Drs. H. M. Arifin, M. Ed. bahwa pertumbuhan diartikan sebagai suatu

penambahan dalam ukuran bentuk, beratatau ukuran dimensif tubuh serta bagian-

bagiannya. Sedangakn perkembangan menunjuk pada perubahan-perubahan dalam bentuk

bagian tubuh dan integrasi pelbagai bagiannya ke dalam satu kesatuan fungsional bila

pertumbuhan ituberlangsung. Intinya bahwa pertumbuhandapat diukur sedangkan

perkembangan hanya dapat dilihat gejala-gejalanya. Perkembangan dipersyarati adanya

pertumbuhan.

Untuk lebih jelasnya silahkan Download Makalah Konsep Pertumbuhan Dan Perkembangan Siswa DISINI

Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget